Terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami :)
RSS

Minggu, 18 November 2012

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Media pembelajaran adalah suatu alat yang dipergunakan oleh seorang guru untuk melakukan suatu proses belajar mengajar, baik itu didalam kelas atau ruangan (indoor) maupun diluar kelas atau ruangan (outdoor). Media pembelajaran dapat mempermudah seorang guru untuk menyampaikan materi yang akan diberikan ke peserta didik. Tanpa adanya suatu media pembelajaran, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Pada hakikatnya bukan media pembelajaranlah yang menentukan berhasilnya proses pembelajaran namun isi pesan materi yang akan disampaikan oleh guru, cara menjelaskan guru tentang materi yang akan disampaikan serta karekteristik peserta didik itu sendiri.
Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yang digunakan guru untuk mempermudah menyampaikan materi yang akan diberikan kepada peserta didik, diantaranya yaitu :
  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), LCD Proyektor dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
  5. Study Tour Media : Pembelajaran langsung ke obyek atau tempat study seperti Museum, Candi, dll.
Sejalan dengan kemajuan IPTEK, dewasa ini penggunaan media sangatlah beragam. Globalisasi telah memicu pergeseran dalam dunia pendidikan dari tatap muka yang sifatnya konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka. bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi yaitu introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah,menyajikan tayangan multimedia teks, grafis, gambar, suara,dan movie memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan dari siaran radio dan televisi. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dunia pendidikan menjadi lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multi disipliner, serta terkait pada produktivitas kerja dan kompetitif. Sehingga dimungkinkan dunia pendidikan kita dimasa datang cendrung terbuka dengan modus belajar jarak jauh (distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh dan terbuka juga perlu dimasukkan sebagai strategi utama.
Salah satunya yaitu tentang kemajuan penggunaan komputer sebagai media pembelajaran disekolah-sekolah dasar. Banyak disekitar kita sekolah-sekolah dasar yang menggunakan media komputer sebagai salah satu media penunjang proses pembelajaran. Dengan komputer guru lebih mudah menjelaskan materi yang akan disampaikan, karena bahan-bahan atau materi-materi yang akan disampaikan tersebut sudah ada pada computer. Guru sudah tidak lagi membawa banyak buku untuk mengajar. Dengan komputer file-file materi sudah ada dalam komputer. Dengan media komputer juga peserta didik tidak akan merasa jenuh dalam pembelajaran. Dengan komputer  juga peserta didik dilatih untuk mengikuti perkembangan kemajuan IPTEK, namun itu juga harus dengan pengawasan yang ketat oleh pihak guru (disekolah) serta pihak orang tua (dirumah). Peserta didik diajarkan mengenai cara mudah belajar dengan mempergunakan komputer dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang ada. Pembelajaran yang efektif serta efisien terdapat dalam media pembelajaran komputer ini.
Banyak pengaruh positif media pembelajaran komputer terhadap siswa tingkat Sekolah Dasar, antara lain :
1.       Lebih mengerti serta paham dalam tekhnologi khusunya pada komputer.
2.       Lebih banyak variasi dalam proses belajar mengajar. Contohnya : melalui video, gambar dan lain sebagainya
3.       Efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan komputer, tidak lagi menggunakan buku, pensil dll.
4.       Lebih mudah memahami pelajaran karena ketika guru menjelaskan langsung dapat disertai dengan contoh.



Adapun pengaruh negatifnya, antara lain :
1.         Bisa disalah gunakan siswa untuk bermain game yang berada dalam komputer
2.         Siswa akan malas dalam kegiatan menulis
3.         Bila komputer sekolah sudah tersambung dengan internet, sebaiknya diberi pengawasan lebih karena siswa SD bisa mengakses hal-hal yang bukan termasuk materi pelajaran, dll.
Pengawasan orang tua atau guru juga harus senantiasa diberikan pengawasan kepada anak, berikan porsi secukupnya untuk memegang komputer. Bila anak sudah ketagihan dengan komputer anak akan malas dengan semua kegiatan, karena didalam komputer tersebut terdapat macam-macam permainan yang membuat si anak betah lama-lama didepan komputer. Namun jangan terlalu mengekang anak dengan berlebihan, karena faktor psikologi anak bisa terganggu bila orang tua atau guru terlalu mengekangnya. Anak tidak bisa berkembang secara semestinya bila terlalu dikekang. Anak juga kurang mengerti akan perkembangan iptek didalam era globalisasi ini.
Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi berarti komunikasi sekarang telah berada pada tingkat dimana orang mampu berbicara dengan jutaan manusia lain secara serentak dan serempak. Melalui satelit komunikasi kita bisa melihat berbagai gambar, mendengarkan berita atau musik dan mendapatkan informasi yang sama dengan manusia diseluruh belahan dunia secara simultan. Komunikator hanya tinggal menyambungkan alat pemancar dan jutaan orang tinggal menyetel alat penerima. Komunikator tidak mengetahui siapa yang menerima informasi gambar atau lainnya, apakah anak SD, remaja ataupun orang tua komunikator hanya sebagai penyalur saja. Maka dari itu kita harus mengawasi dan mengarahkan setiap tontonan anak.
Media komputer adalah salah satu media pengajaran yang terprogram, terprogram disini dimaksudkan yaitu media pengajaran yang tersususun secara rapi dan runtut. Pengajaran berprogram ini bagi anak SD baik menurut dasar psikologi pengajaran berprogram, memandang  belajar dalam hubungan perilaku dapat diamati.
Dalam uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa komputer mempunyai fungsi yang kompleks. Komputer tidak hanya dapat membuat,mengolah,memproses dan menyimpan data namun komputer juga dapat menampilkan, mempublikasikan dan mentransfer data sehingga dapat dinikmati atau dilihat oleh semua manusia didunia. Penggunaan media komputer pada anak Sekolah Dasar itu merupakan media yang cukup baik dalam proses belajar mengajar. Disitu juga dapat mempermudah siswa dalam memahami suatu materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Guru juga lebih mudah memberikan materi-materi yang akan diajarkan dalam proses belajar mengajar itu sendiri. Selain memberikan pengaruh positif pada siswa, komputer juga bisa memberikan pengaruh negatif ke siswa. Itu semua juga harus diimbngi dengan pengawasan oleh orang tua (dirumah) maupun guru (disekolah). Selain itu dapat dengan memperbanyak buku bacaan yang bersifat edukatif serta membiasakan anak untuk mengisi waktu luang dengan hal yang positif.

0 komentar:

Poskan Komentar